Minggu, 25 November 2018

#1 Masa Praaksara


  •     Kehidupan saat ini sering disebut sebagi era modern, yaitu era kehidupan manusia yang ditunjang berbagai peralatan modern. Meskipun demikian, kehidupan manusia pada masa modern ini tidak terlepas dari kehidupan manusia pada masa praaksara. Sebagai buktinya adalah penggunaan cobek yang terbuat dari batu yang menunjukkan pewarisan kebudayaan masa praaksara. 
  •     Istilah praaksara berasal dari kata ''pra'' yang berarti sebelum dan ''aksara'' yang berarti tulisan. Jadi, masa praaksara berarti masa ketika manusia belum mengenal tulisan. Dalam bahasa Inggris, masa prasejarah disebut prehistory. Prehistory berasal dari kata ''pre'' yang berarti sebelum dan ''history'' yang berarti sejarah. Jadi, prehistory berarti sebelum masa sejarah yang kemudian dikenal dengan masa prasejarah.
  •     Masa praaksara disebut juga masa ''nirleka''. Nirleka berasal dari kata ''nir'' yang berarti tidak/tanpa dan ''leka'' yang berarti tulisan. Jadi, masa nirleka berarti masa ketika manusia tidak atau belum mengenal tulisan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar