Jumat, 30 November 2018

#3 Unsur-Unsur Seni Rupa


  •     Karya seni rupa dihasilkan dengan berbagai macam teknik yang digunakan oleh seniman. Teknik seni rupa merupakan cara seseorang mewujudkan gagasan (ide) menjadi sesuatu yang menarik sehingga mempunyai nilai perwujudan dengan penggunaan media yang berupa alat dan bahan seni rupa. Keragaman yang digunakan mengakibatkan munculnya berbagai teknik dalm membuat karya seni rupa. 
  •    Berikut beberapa teknik yang dapat digunakan untuk membuat karya seni rupa. 
a) Teknik plakat, yaitu melukis dengan menggunakan cat poster, cat minyak, atau cat akrilik, dengan goresan yang tebal sehingga menghasilkan warna pekat dan padat.

b)  Teknik transparan, yaitu teknik menggambar atau melukis dengan menggunakan cat air,dengan suapan warna yang tipis sehingga menghasilkan warna yang tampak transparan.


c) Teknik kolase, yaitu melukis denfab memotong-motong kertas yang kemudian ditempel sehingga membentuk lukisan yang realis atau abstrak.


d) Teknik 3M (melipat, menggunting, dan merekat) merupakan proses manipulasi lembaran kertas menjadi suatu bentuk tiga dimensi.


e) Teknik aplikasi, yaitu karya hias dalam seni jahit menjahit dengan menempelkan (menjahitkan), guntingan-guntingan kain yang dibentuk seperti bunga, buah, binatang, dan sebagainya pada kain lain sebagai hiasan.


f) Teknik mozaik, yaitu dengan menempel benda-benda tiga dimensi yang ditata sedemikian rupa sehingga menghasilkan lukisan.


g) Teknik menganyam, yaitu seni kerajinan dikerjakan dengan cara mengangkat dan menumpangtindihkan dan menyilang-nyilangkan bahan sehingga menjadi suatu karya anyaman.


h) Teknik makrame, yaitu sebuah teknik seni kerajinan simpul-menyimpul dengan menggarap rantaian benang awal dan akhir suatu hasil tenunan. Dengan membuat berbagai simpul pada rantai benang tersebut, maka terbentuk aneka rumbai. 


i) Teknik menuang (cor), yaitu proses menuangkan campuran bahan ke dalam cetakan sehingg dihasilkan bentuk yang diinginkan.


j) Teknik butsir dilakukan dengan cara menambah atau mengurangi bahan hingga dihasilkan bentuk yang diinginkan dengan menggunakan telapak tangan.


k) Teknik pahat merupakan cara pembuatan suatu karya dengan mengurangi bahan sedikit demi sedikit dengan menggukan alat-alat pahat. Bahan yang biasa digunakan untik membuat karya seperti kayu dan batu. Hasil karya dengan teknik ini biasanya berupa hasil gerabah keramik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar