Sabtu, 17 November 2018

#1 Objek Kajian Biologi

    Objek biologi meliputi semua makhluk hidup (objek material) dan semua proses yang berlangsung di dalam makhluk hidup tersebut (objek formal). Tingkat struktur objek biologi dari yang terendah hingga tertinggi sebagai berikut. 


       a) Molekul

           Molekul tersusun atas atom-atom. Atom tersusun atas proton, neutron, dan elektron. Contoh molekul yaitu molekul DNA dan molekul air. Molekul saling berkaitan membentuk ikatan kompleks, selanjutnya membentuk organel sel. 

       b) Sel 

           Sel merupakan tingkatan organisasi kehidupan yang tersusun atas organel-organel sel. Sebagian organisme seperti bakteri terdiri atas satu sel, tetapi sebagian besar organisme merupakan kumpulan dari banyak sel yang terspesialisasi. Setiap sel memiliki fungsi untuk melakukan metabolisme serta memiliki kemampuan untuk tumbuh dan berkembang sehingga sel disebut sebagai satuan unit terkecil kehidupan. 

      c) Jaringan 

         Jaringan merupakan sekumpulan sel yang memiliki persamaan struktur untuk melakukan fungsi tertentu. Jaringan ditemukan pada organisme multiseluler.

     d) Organ

         Sekumpulan jaringan yang bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu akan membentuk organ. Organ hanya ditemukan pada organisme multiseluler. Sebagai contoh, jaringan epitel, jaringan penyokong, dan jaringan otot bekerja sama membentuk organ lambung. 

     e) Sistem Organ

        Organ-organ yang melakukan fungsi dan tugas yang saling berkaitan satu sama lain disebut sistem organ. Sebagai contoh sistem pencernaan yang tersusun atas beberapa jenis organ antara lain lambung, hati, pankreas, usus halus, usus besar. 

     f) Organisme
        Berbagai sistem organ yang bekerja sama melakukan kegiatan kehidupan membentuk individu atau organisme. Organisme terdiri atas organisme uniseluler dan organisme multiseluler. Contoh organisme uniseluler yaitu Protozoa dan Monera. Contoh organisme multiseluler yaitu tanaman bayam dan kucing. Organisme multiseluler terbentuk dari sistem-sistem organ yang bekerja sama dalam satu kesatuan. 

    g) Populasi

        Sekumpulan organisme sejenis yang hidup pada tempat tertentu dan dalam waktu yang sama akan membentuk populasi. Sebagai contoh, populasi zebra di padang rumput dan populasi pohon kurma di gurun pasir. 

    h) Komunitas

        Komunitas tersusun atas beberapa populasi yang saling berinteraksi di suatu tempat tertentu. Sebagai contoh, komunitas sungai yang tersusun atas populasi ikan, populasi kepiting, dan populasi tumbuhan air. 

    i) Ekosistem 

      Ekosistem berasal dari kata olkos (rumah sendiri) dan systema (saling memengaruhi). Jaadi, ekosistem adalah sistem yang terdiri atas komponen-komponen yang saling memengaruhi dan berinteraksi satu sama lain pada suatu tempat tertentu. Ekosistem terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Sebagai contoh, ekosistem darat. Komponen penyusun ekosistem darat meliputi komponen biotikyang terdiri atas produsen, herbivora, karnivora, omnivora, dan pengurai. Adapun komponen abiotik terdiri atas tanah, udara, dan zat anorganik. 

    j) Bioma 

       Bioma merupakan kumpulan ekosistem di dunia, seperti bioma tundra, bioma gurun, bioma hujan tropis, dan bioma savana. 

   k) Biosfer

       Biosfer merupakan tingkatan organisasi kehidupan paling kompleks. Biosfer meliputi seluruh lapisan kulit bumi, air, dan atmosfer tempat kehidupan berlangsung. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar