Rabu, 21 November 2018

#1 Gerak Lurus


1. Definisi Gerak
       Gerak merupakan perubahan kedudukan terhadap suatu titik acuan tertentu. Gerak lurus adalah gerak benda pada lintasan lurus. 
     
       Ada tiga (3) komponen yang terkait dengan gerak benda yaitu titik acuan, lintasan gerak, dan objek yang bergerak.

2. Besaran pada gerak lurus terbagi menjadi dua (2)       

    a) Jarak dan Perpindahan 
         → Jarak adalah panjang lintasan sesungguhnya yang ditempuh dalam gerak suatu benda. Nilai jarak tidak dipengaruhi oleh arah sehingga termasuk besaran skalar.
         → Sedangkan, perpindahan merupakan perubahan kedudukan benda ketika melakukan aktivitas gerak. Nilai perpindahan dipengaruhi oleh arah sehingga termasuk besaran vektor.

    b) Kelajuan dan Kecepatan 

        → Kelajuan dan kecepatan merupakan besaran yang mirip tetapi tidak sama. Kemiripannya  yaitu karena kedua besaran ini sama-sama membahas mengenai gerak benda dibandingkan dengan waktu tempuhnya. 
        → Keduanya berbeda karena kelajuan melibatkan besaran jarak dan waktu sedangkan kecepatan melibatkan besaran perpindahan dan waktu. 

       Dari dua keadaan diatas, muncullah pengertian kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata. Yang saya uraikan sebagai berikut : 


3. Kelajuan Rata-Rata dan Kecepatan Rata-Rata 

       Kelajuan rata-rata merupakan hasil bagi jarak total yang ditempuh dengan waktu tempuhnya. Oleh karena jarak dan selang waktu merupakan besaran skalar, kelajuan rata-rata juga berupa besaran skalar. Jadi, kelajuan rata-rata tidak bergantung arah.  Persamaan kelajuan rata-rata sebagai berikut.

      Kecepatan rata-rata adalah hasil bagi antara perpindahan dan selang waktunya. Perpindahan merupakan besaran vektor sehingga kecepatan rata-rata juga merupakan besaran vektor. Kecepatan rata-rata searah dengan arah perpindahan. Dua kecepatan rata-rata akan bernilai sama hanya jika besar dan arahnya sama. Persamaan kecepatan rata-rata sebagai berikut. 





  

       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar