Senin, 12 November 2018

#1 Teks Eksposisi


 1. Makna dalam Teks Eksposisi

        Eksposisi biasa digunakan seseorang untuk menyajikan gagasan, yang dikaji oleh penulis atau pembicara berdasarkan sudut pandang tertentu. Untuk menguatkan gagasan yang disampaikan, penulis atau pembicara harus menyertakan alasan-alasan logis. Penulis bertanggung jawab untuk membuktikan, mengevaluasi, atau mengklarifikasi permasalahan tersebut. Teks eksposisi biasa digunakan dalam kegiatan ceramah, perkuliahan, pidato, editorial, opini dans sejenisnya. 

2. Pengertian dari Teks Eksposisi

         Kata eksposisi memiliki beberapa pengertian. kata eksposisi sendiri berasal dari bahasa latin expotition yang berarti memberitahukan, memaparkan, menjelaskan, atau menguraikan.

3. Ciri-ciri Teks Eksposisi

        1) Penulis teks berusaha menjelaskan suatu pokok persoalan secara objektif, tidak ada unsur-unsur yang bersifat subjektif dan emosional. penulis sama sekali tidak berusaha membangkitkan emosi pembaca.
        2) Gaya penulisan bersifat informatif. Penulis menguraikan objek dengan jelas sehingga pembaca memahami maksud dari teks eksposisi. Penulis teks eksposisi ingin menambah pengetahuan pembaca dan memberi informasi yang menerangkan sejelas-jelasnya tentang hal yang dipaparkan.
        3) Teks memuat fakta yang terdapat di lapangan. Fakta tersebut dipakai sebagai penyumbang utama dalam membuat rumusan agar hal yang disampaikan lebih konkret

4. Jenis-jenis Teks Eksposisi

       a) Eksposisi Definisi
           Eksposisi definisi adalah kalimat yang mengungkapkan makna, keterangan, atau ciri utama dari orang, benda, proses, atau aktivitas. Definisi juga dapat diartikan sebagai rumusan tentang ruang lingkup dan ciri -ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembicaraan/studi. Definisi berisi penjelasan tentang makna suatu kata/frosa.Definisi berisi penjelasan tentang makna suatu kata/frasa. Definisi memberikan batasan makna dari penggunaan sebuah kata/frasa.

          Definisi dibagi menjadi dua (2), definisi pertama disebut definisi secara sempit. Definisi sempit bukan mengenai suatu hal/benda, melainkan mengenai satu kata. Definisi sempit mencakup definisi sinonim kata dan definisi dari kamus. Definisi yang kedua adalah definisi secara luas. Definisi secara luas mencakup pembatasan pengertian suatu barang/hal yang didefinisikan.


       b) Eksposisi Identifikasi

           Eksposisi identifikasi merupakan sebuah metode yang berusaha menyebutkan ciri-ciri atau unsur-unsur pengenal sesuatu.Dengan menyebutkan ciri suatu objek diharapkan pembaca/pendengar lebih mengenal objek tersebut. Metode identifikasi yang digunakan dalam teks eksposisi mampu menjawab pertanyaan ''Apa itu ? dan '' Siapa itu ? '' Metode identifikasi dalam teks eksposisi akan memperkenalkan barang atau objek dengan memerinci ciri dan tanda pengenal dari objek tersebut. 

       c) Eksposisi Perbandingan atau Pertentangan 

           Metode perbandingan adalah suatu cara untuk menunjukkan kesamaan dan perbedaan antara dua objek/lebih. Mempergunakan dasar-dasar tertentu. Dasar-dasar perbandingan adalah menempatkan sesuatu yang belum diketahui dalam kerangka suatu hal yang sudah dikenal pembaca. 

       d) Eksposisi Ilustrasi

           Eksposisi ilustrasi adalah suatu metode untuk mengadakan gambaran atau penjelasan yang khusus dan konkret terhadap suatu prinsip yang bersifat umum. Penulis akan menjelaskan suatu objek yang secara jelas. Dengan demikian, pembaca tidak kebingungan dalam memahami objek yang disampaikan oleh penulis. Sebuah gagasan yang umum memerlukan ilustrasi atau contoh konkret.  Dalam eksposisi, contoh-contoh tersebut tidak berfungsi untuk membuktikan suatu pendapat,tetapi contoh-contoh tersebut dipakai untuk menjelaskan dan menegaskan ide, gagasan, dan maksud penulis. 

          Dalam hal ini, pengalaman pribadi merupakan bahan ilustrasi atau contoh yang paling efektif dalam menjelaskan gagasan umum tersebut. Eksposisi ilustrasi merupakan metode yang sering digunakan karena tidak menampilkan hal-hal umum secara abstrak atau kabur. Akan tetapi, eksposisi ilustri menunjukkan contoh-contoh yang nyata dan konkret. Menurut Gorys Keraf, jenis eksposisi ilustri dapat disajikan secara deskripsi dan narasi. 


       e) Eksposisi Klasifikasi 

           Metode klasifikasi merupakan sebuah metode yang bersifat ilmiah untuk menampilkan pengelompokkan-pengelompokkan sesuai dengan pengalaman manusia. 

          Klasifikasi merupakan suatu metode untuk menempatkan hal/benda dalam satu kelompok sehingga dapat diketahui hubungan antarhal/antarbenda dalam kelompok tersebut.


5. Manfaat Teks Eksposisi

          Manfaat dari mendengarkan dan membaca teks eksposisi kita dapat mengetahui keterkaitan antara permasalahan dengan argumentasi yang disajikan. Dengan menelaah argumentasi yang disampaikan, kita dapat menerima pendapat yang disampaikan. Jika argumen yang disampaikan lemah dan tidak meyakinkan, kita dapat menolak pendapat yang disampaikan. 








 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar