Minggu, 25 November 2018

#2 Berakhirnya Masa Praaksara



  •     Seperti halnya periode awal masa praaksara, para ahli jua belum dapat memastikan periode akhir masa praaksara. Ketikdakpastian ini terjadi karena akhir masa praaksara di setiap tempat berbeda. Sebagai contoh, bangsa Mesir dan Mesapotamia mengakhiri masa praaksara dan mengenal tulisan sekira abad V-III sebelum Masehi. Jadi, kapan masa praaksara di Indonesia berakhir?
  •     Sekira 4000 tahun sebelum Masehi terjadi perubahan signifikan dalam kehidupan masyarakat pada masa praaksara di Keulauan Indonesia. Pada masa ini terjadi migrasi yang dilakukan oleh bangsa yang berbahasa Austronesia. Kehadiran bangsa tersebut di Kepulauan Indonesia ini membawa Indonesia pada zaman protosejarah. Bangsa-bangsa yang berbahasa Austronesia memperkenalkan inovasi-inovasi dalam berbagai bidang, terutama dalam teknik pembuatan peralatan batu. 

  •     Pada masa ini kehidupan masyarakat semakin kompleks. Kompleksitas kehidupan tersebut tidak terlepas dari interaksi sosial masyarakat yang mulai meningkat. Interaksi perdagangan dan pelayaran yang mulai berkembang pada masa ini juga memperkenalkan masyarakat pada masa praaksara Indonesia dengan tulisan. 
  •     Berkembangnya budaya tulis inilah yang menandai berakhirnya masa praaksara. Para ahli memperkirakan masyarakat Indonesia mengakhiri masa praaksara sekira abad IV-V Masehi. Bukti berakhirnya masa praaksara di Indonesia adalah penemuan prasasti Yupa peninggalan Kerajaan Kutai di Muara Kaman, Kalimantan Timur. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar