Sabtu, 17 November 2018

#1 Dasar-Dasar Ilmu Ekonomi



1. Pengertian Ilmu Ekonomi

      Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang memepelajari perilaku manusia dalam melakukan aktivitas ekonomi dengan atau tanpa uang, terdapat sumber daya yang langka, tetapi ada alternatif pemanfaatannya (kelangkaan), dan terdapat barang dan/atau jasa yang diproduksi kemudian disalurkan kepada masyarakat. 

 2. Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi

        Menurut Wonnacot, seorang ekonom asal Amerika Serikat, tujuan manusia mempelajari ilmu ekonomi sebagai berikut. 
     1) Tingkat pengerjaan tinggi yang membantu mengatasi masalah ketenagakerjaan, pengangguran, tingkat upah, kesempatan kerja, dan hubungan kerja.
     2) Stabilitas harga menyangkut upaya pemerintah dan masyarakat dalam mengatasi masalah tingkat harga dan inflasi sehingga tidak merugikan masyarakat dan negara. 
     3) Efisiensi yang berkaitan dengan penghitungan pelaku ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi secara menguntungkan.
     4) Distribusi pendapatan secara adil diupayakan pemerintah dan masyarakat dalam rangka mencapai tingkat kesejahteraan hidup. 
     5) Pertumbuhan ekonomi yang mengarah pada penyelenggaraan pembangunan secara adil dan merata. 

3. Pembagian Ilmu Ekonomi

      Menurut Alfred W. Stonier dan Douglas C, Hagues, penulis buku A Textbook pf Economic Theory (1980), pembagian ilmu ekonomi terbagi menjadi tiga(3) yaitu :
     a. Ilmu Ekonomi Deskriptif 
          Ilmu ekonomi deskriptif adalah analisis ekonomi yang mengggambarkan keadaan ekonomi sebenarnya berdasarkan fakta dalam perekonomian. 

     b. Ilmu Ekonomi Teori 

          Ilmu ekonomi teori (theory economics) diartikan sebagai ilmu ekonomi yang berusaha menjelaskan dan merumuskan pengertian, menjelaskan hubungan sebab akibat, dan menjelaskan cara kerja sistem perekonomian dalam kehidupan masyarakat. Ilmu ekonomi teori dapat dibedakan menjadi ekonomi mikro dan ekonomi makro.
          1) Ekonomi Mikro (Microeconomics) adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen produsen/perusahaan serta penentuan harga pasar dan kauntitas faktor input, barang dan jasa yang diperjualbelikan. Komponen ekonomi mikro yaitu :
              a. Interaksi di pasar barang 
              b. Interaksi di pasar faktor produksi
              c. Perilaku penjual dan pembeli. 
          2) Ekonomi Makro (Macroeconomics) mempelajari kekuatan dan kecenderungan yang mepengaruhi kondisi perekonomian secara keseluruhan. Ekonomi makro digunakan untuk menganalisis tindakan terbaik untuk mempengaruhi target kebijakan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja, dan pencapaian keseimbangan neraca. Komponen ekonomi makro yaitu:    
              a. Pemanfaatan Sumber Daya Ekonomi
              b. Stabilitas Ekonomi Negara
              c. Inflasi
              d. Pertumbuhan Ekonomi
              e. Ekonomi Internasional
              f. Neraca Pembayaran Internasional
              g. Nilai Kurs Mata Uang
              h. Peredaran Uang dalam Masyarakat.   

     c. Ilmu Ekonomi Terapan 

           Ekonomi Terapan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang menganalisis ekonomi teori untuk merumuskan kebijakan, pedoman, atau standar yang tepat dalam mengatasi masalah ekonomi tertentu. Ilmu ekonomi terapan lebih bersifat praktis yang dapat diterapkan dalam bidang manajemen keluarga, bisnis, ataupun pemerintah. Teori ilmu ekonomi juga dapat diterapkan dalam bidang lain seperti kesehatan, geografi, politik, dan pendidikan. 
        
       
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar