Selasa, 20 November 2018

#3 Motif Ekonomi

     Motif ekonomi merupakan alasan atau tujuan individu atau lembaga dalam melaksanakan tindakan ekonomi. Motif ekonomi dapat dibedakan menjadi dua (2) yaitu 

  •  Motif Intrinsik 
           Motif intrinsik adalah alasan seseorang melakukan tindakan ekonomi karena faktor dari diri sendiri. Motif intrinsik meliputi upaya mencapai kepuasaan, memenuhi kebutuhan hidup, meningkatkan status sosial, dan memenuhi selera atau gaya hidup.
  • Motif Ekstrinsik
          Motif ekstrinsik adalah alasan seseorang melakukan tindakan ekonomi karena faktor dari luar, misalnya lingkungan sosial budaya. Motif ekstrinsik meliputi keinginan memperoleh penghargaan, meringankan beban orang lain, serta menunjukkan eksistensi di bidang sosial atau politik. 
          Pelaku kegiatan ekonomi memiliki motif berbeda-beda berdasarkan tujuan yang akan diperoleh. 


1) Motif Ekonomi Produsen 

      Dalam melakukan tindakan ekonomi tujuan utama produsen adalah memperoleh keuntungan sebesar-besarnya. Selain itu, motif produsen adalah mencari kekuasaan ekonomi, menunjukkan eksistensinya di lingkungan sosial, membantu sesama melalui program/kegiatan sosial, dan memperoleh penghargaan.

2) Motif Ekonomi Konsumen 

       Motif ekonomi konsumen antara individu satu dengan individu lainnya tentu berbeda. Secara umum motif konsumen adalah memenuhi kebutuhan, mencari kepuasan optimal, memperoleh pengakuan di lingkungan, dan meningkatkan status sosial dalam masyarakat. 

3) Motif Ekonomi Distribusi

       Distributor adalah orang atau perusahaan yang menyalurkan barang dan/atau jasa dari produsen kepada konsumen. Peran distributor sangat penting dalam kegiatan ekonomi. Dalam menjalankan tindakan ekonomi distributor juga mempunyai motif ekonomi. Motif ekonomi utama distributor adalah mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Motif distributor dalam melakukan tindakan ekonomi adalah mempercepat proses distribusi barang dan mendistribusikan barang secara merata.



   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar